Tutorial – Tips dan Trik membuat icon yang baik

Assalamualaikum

Saat ini aku lagi pengen nulis tutorial untuk membuat icon, dimana sebuah icon seringkali digunakan pada banyak tempat, seperti yang ada pada hape kamu di menunya pasti berjejer icon icon yang banyak, nah sebenarnya gimana sih sebenarnya membuat icon yang baik itu? Sebelumnya, kalau males baca atau pengen disambi dengan pekerjaan yang lain bisa langsung skip ke video halama dibawah ini.

Kali ini aku mendapat referensi dari google dan website yang member tips dan trik untuk membuat icon, kalau dari aku ada 3 tahapan dalam pembuatan icon itu sendiri

Tahapan pertama : Eksplorasi

Untuk membuat icon, kita harus tahu apa yang perlu kita buat, misalnya aku pengen ngebuat icon music player nih, lha jadi aku udah tau kalau mau mbuat icon music player, trus buat list kira kira icon music player itu bisa diwakili sama gambar atau symbol apa sih, misalnya bisa aja tombol play, dap (digital audio player) atau ngga tangga nada. Nah setelah itu tentukan satu saja karena ngga mungkin untuk memakai semua, kecuali kamu ingin membuat untuk referrensi nantinya hasilnya bagusan mana. Semisal tadi aku milih tangga nada, lah terus cari gambar mainstream dari tangga nada agar setiap orang yang sedang memakai icon kamu paham kalau itu adalah tangga nada, dan tangga nada selalu berhubungan dengan music. Kamu bisa lihat di videonya dibawah.

Tahapan kedua : Pembuatan Icon

Nah setelah dapat gambaran mainstream dari tangga nada, sekarang saatnya untuk merealisasikan icon tersebut. Buat sketsanya, kalau mau gambaran lebih jelas ada di video dibawah, yang pasti ada poin poin penting dalam membuat icon yang perlu diperhatikan. Yang pertama pastikan icon tersebut proporsional, karena mata kita, mata manusia lebih suka yang proporsional, iya kan? Hha gitu, terus yang kedua pastikan apabila berukuran kecil, icon itu masih jelas dan bisa teridentifikasi, karena pada dasarnya icon digunakan dalam ukuran kecil, yang biasanya sih 16px sampai 256px. Lalu dalam pembuatan icon, lebih utamakan dalam rasio persegi, karena icon biasanya bersama sama dengan icon lainnya, sehingga apabila kotak, akan lebih enak dilihat, karena icon akan lebih berinteraksi dengan mata kita, sehingga semua aspek yang berhubungan dengan mata harus diperhatikan. Kalau seumpama mau ngasih tulisan pada icon kamu, pastikan tidak terlalu banyak atau buat tulisan tersebut iconic atau lebih baik tidak usah dikasih, karena icon yang bagus adalah icon yang dengan symbol saja, orang yang pertama kali lihat sudah tahu icon apakah itu. Lalu pastikan icon itu simetris, karena apabila ada ruang kosong yang tidak seimbang atau terlalu banyak akan mengganggu penglihatan kita, semacam ngga enak dilihat. Dan yang paling penting jangan terlalu kompleks, karena icon yang terlalu kompleks terkadang malah akan membingungkan karena pola icon satu dengan yang lainnnya bisa saja berbeda dan lebih sulit mengidentifikasi. Apabila gak percaya, cek aja di websitenya google yang ada di deskripsi video  dibawah.

Tahapan ketiga : Pewarnaan

Icon pasti akan lebih cantik apabila diberi pewarnaan, jadi aspek ini juga penting, karena warna akan mempengaruhi mata kita untuk menilai enak ngga nya sebuah icon untuk dilihat. Pastikan gunakan warna vibrant, lalu jangan pernah gunakan warna warna yang bertabrakan, semisal pink dengan kuning atau warna lainnnya yang norak dan menyakitkan mata. Di panduan google juga ada petunjuk warna yang bagus untuk pewarnaan. Trus pastikan foreground sama background icon perbedaan warnanya jelas, sehingga mata kita bisa mengidentifikasi secara cepat icon tersebut.

Dan akhirnya selesai, kamu udah bisa membuat icon yang setidaknya memenuhi criteria diterima sebagai icon yang baik dan diterima mata. Cek videonya juga dibawah ini, kalau mau referensi untuk pembuatan icon ada di deskripsi video di bawah, bukanya lewat youtube.

Sekian tutorial ini, mungkin lain kali aku akan mebuat tutorial kece lainnya. Terimakasih.

Wasalamuaalaikum

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *