Pengaderan ?

Assalamualaikum,

Selamat pagi pembaca, semoga pembaca diberi kesehatan dan semangat untuk berbagi kebermanfaatan.

Udah lama gak posting nih, tiba tiba kepengen nulis sesuatu, gak berat kok, dipikir sambil baca aja, xD Lagi pengen ngulas pengaderan, karena pengaderan itu pasti semua orang melaluinya, entah melaluinya dengan cara buatan maupun alami, nanti aku jelasin di bawah deh, pertama kita harus taulah apa definisi pengaderan itu sendiri, karena bagaimana bisa kenal kalau ngga tau, :p

pengaderan/pe·nga·der·an/n proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader

Lah, terus kader itu apa?

kader/ka·der/n1 perwira atau bintara dl ketentaraan; 2 orang yg diharapkan akan memegang peran yg penting dl pemerintahan, partai, dsb

Oalah, yoh, definisi itu diambil dari kbbi.web.id yak, jadi kemungkinan validnya besar. pengaderan disana adalah perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader. Terus kader sendiri adalah orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting di pemerintahan, partai maupun yang lainnnya, bisa juga organisasi. Jadi pengaderan itu sendiri adalah perbuatan unntuk membentuk seseorang menjadi orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting di suatu instansi, gitu kan yak?

Nah cara untuk pengaderan di tiap instansi kan tidak juga diatur, jadi menyesuaikan dengan tiap instansi masing masing bagaimana mereka membuat pengaderan mereka bisa berhasil dan sesuai dengan output target tiap instansi, sehingga bisa diharapkan untuk memegang peran penting di suatu instansi.

Terus, dalam pengaderan pasti harus ada pengader juga kan ya? nah kalau seseorang sudah memutuskan untuk masuk ke instansi tertentu pasti ada pengader,

dalam kasus dalam diriku,

Baru satu tempat sih aku dikader, entah karena memang aku tidak minat atau memang tidak sejalan dengan prinsip hidupku, ketika aku dikader, mungkin yang pertama dalam pikiranku adalah tekanan, dan yang tidak aku suka adalah tekanan yang mana itu adalah sesuatu yang memang bukan menjadi prioritas utama dan memang dependensi nya tidak terlalu kuat dengan diriku. Karena memang pertama waktu nya yang tidak tepat, tidak semua orang sama, ketika orang tertekan, maka mereka akan melakukan sesuatu, bisa dengan bertahan dengan tekanan itu sendiri, keluar dari tekanan, atau melawan tekanan itu. Aku tahu bahwa maksud mereka memeberi tekanan adalah baik, akan tetapi, saat itu diriku masih belum siap, masih perlu move on dari sesuatu yang masih membuatku tidak rela untuk ditekan, maka untuk sementara aku bertahan dalam tekanan itu, kenapa tidak melawan? karena itu pasti akan menimbulkan kekacauan dalam sistem, dan akan membuat target mulia pengader akan beralih, dan mereka butuh waktu untuk mengendalikan hal tersebut, dan sebenarnya baik sih, membalik, membuat mereka (pengader) untuk mengendalikan suatu tekanan balik, suatu nilai pengalaman bagi mereka.

Dan saat ini saya menemukan tulisan ini di draft, yak, mau tak lanjutin juga males, mood ga mendukung, jadi sekian untuk tulisan ini, daripada menjadi draft, mending diposting seadanya, sekian.

Wassalamualaikum

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *